Selasa, 17 Juli 2012

Susah Mendiskripsikan Perasaan, Hati-hati Alexithymia




Alexithymia secara harfiah dapat diartikan “no words for emotion”. Kata alexithymia berasal dari bahasa Yunani a untuk kuranglexis untuk kata, dan thymia untuk emosi.http://more-up-to-date.blogspot.com/Gangguan psikolgis ini dicirikan dengan ketidakmampuan mengidentifikasi dan secara verbal menggambarkan emosi serta perasaan dalam diri sendiri serta orang lain.
Penderita alexithymia memiliki keterbatasan dalam mengalami fantasi atau mimpi atau berpikir secara imajinatif. Mereka hanya mengandalkan kemampuan berpikir yang didasarkan pada fakta yang spesifik. Selain itu penderita alexithymia sering digambarkan sebagai orang yang dingin dan suka menyendiri. Mereka miskin akan sikap empati, sulit memahami dan menanggapi perasaan orang lain secara efektif.
Alexithymia pada individu merupakan karakteristik variabel yang dapat diukur oleh para peneliti dan psikolog melalui kuesioner pilihan ganda ataupun dengan survei.
Ada dua tipe alexithymia yakni state alexithymia dan trait alexithymia. State alexithymiamemiliki sebab khusus dan hanya terjadi untuk sementara waktu. Merupakan post traumatic stress disorder (PTSD). Mengalami peristiwa yang mengerikan merupakan salah satu contoh hal yang memacu terjadinya state alexithymia. Trait alexithymiadianggap sebagai karakter yang melekat pada keperibadian seseorang. Tipe ini bisa merupakan bawaan atau disebabkan oleh peristiwa tertentu yang terjadi diusia dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar