Minggu, 12 Agustus 2012

Hidup ini Milik Anda! (Billy Boen)

Anda merasa orang tua terlalu mengatur hidup Anda? Billy Boen menulis artikel motivasi tentang Hidup Anda. Hidup ini Milik Anda!

Hidup ini Milik Anda! (Billy Boen)

Ketik seminar di kampus, saya ketemu banyak mahasiswa yang 'salah ngambil jurusan'. Menurut survey, nomor satunya karena menuruti kemauan orang tua. Sungguh kasian!

Kalau ada kesempatan, Agan JANGAN kuliah ngambil jurusan yang dimauin sama orang tua Agan. Apakah saya menganjurkan Agan untuk melawan orang tua? YES, tapi dengan sopan. Juga bukan dengan asal menolak, tapi dengan diskusi. Kasih tau orang tua Agan, apa yang Agan sukai,... dan ke depannya Agan mau jalanin hidup sesuai dengan passion Agan.

Ngga enak? Sungkan? Terserah,... tapi apakah Agan siap untuk hidup selama 50 tahun ke depan, melakukan hal-hal yang bukan Agan sukai, hanya karena sudah terjebak 'salah ambil jurusan'?

Kenapa sih orang tua suka memaksakan kehendak? Sebenarnya mereka bukan mau memaksakan kehendaknya. Orang tua akan selamanya jadi orang tua Agan. Bener kan? Ngga mungkin suatu hari Agan akan jadi orang tuanya orang tua Agan kan? Nah, sudah naluri orang tua, ingin melindungi anaknya. Mereka secara ngga sadar jadi berpikir bahwa mereka tau apa yang terbaik untuk anaknya. Padahal, belum tentu!

Kenapa saya menganjurkan Agan untuk 'melawan' (dengan sopan dan berdiskusi) sama orang tua? Supaya Agan bisa hidup bahagia, sesuai dengan keinginan Agan. Jadi kalau Agan gagal, tidak ada orang lain yang bisa Agan salahkan, kecuali diri Agan sendiri.

Tenang... orang tua itu bukan mau Agan jadi dokter, jadi lawyer, kerja di Bank, dll. Yang orang tua mauin adalah agar anaknya SUKSES! Jadi, sebenarnya, kalau Agan bisa meyakinkan orang tua, bahwa ini yang Agan suka dan Agan bisa bertanggung jawab dan yakin pasti akan sukses... Orang tua seharusnya bisa dibuat mengerti.

Orang tuanya Nugie adalah pegawai negeri sipil (PNS), mereka pengen anaknya juga jadi PNS. Tapi setelah Nugie sukses jadi penyanyi, apakah orang tuanya tetap kesal karena Nugie ngga ngikutin kemauan mereka? Atau, mereka sekarang bangga? Jelas! Get my point?

Lagian, kalau sama orang tua yang Agan kenal dari lahir aja ngga berani berbeda pendapat, ngga berani bilang 'NO', ngga berani diskusi... saya ngga heran kenapa di dunia kerja banyak yang memilih untuk 'Yes Man', 'Ya Pak/Bu'. Untuk mereka yang cuma bisa bilang 'ya', cara satu2nya untuk naik jabatan, ya untuk terus berlaku seperti kerbau yang ditusuk hidungnya. Cara lain, menjilat atasan. Apakah ini yang Agan mau lakukan?
Belajarlah berargue dengan orang tua sendiri yang jelas-jelas mencintai Agan. Tapi, bukan berarti juga... semua yang orang tua Agan tentang loh! he he he

Ingat, hidup ini milik Agan. Pilih jalannya sendiri, jangan biarkan orang lain yang menentukan. Jadi,... kalau Agan sukses, karena pilihan dan kerja keras Agan; tapi kalau gagal, ya jangan salahkan siapa-siapa, kan itu pilihan Agan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar