Jumat, 07 September 2012

Shuffle Dance, Gaya Baru Anak Muda


13400242222064765086
Shuffle Dance, Tari Hentakan kaki
1340024427907899046
Hentakan-hentakan kaki anak-anak SMA ini mengiringi alunan music enerjik pada satu acara pentas seni di sekolah. Tepuk tangan dan hysteria penonton seakan menjadi penyemangat para dancer ini menari.Saya kok merasa semakin sering melihat jenis tarian begini dibawakan oleh anak-anak di sekolah.
Tarian yang dibawakan ternyata bernama Shuffle. Tarian ini mulai menjadi trend di kalangan anak muda.Perbincangan dan request mereka selalu tentang shuffle. Jenis tarian ini memang berbeda.  Dimainkan beramai-ramai di tempat-tempat umum lebih menyenangkan menurut para dancer muda ini, makanya tarian ini juga terkenal dengan nama street dance walaupun shuffle lahir dari club-club malam.
Tak terasa, tangan ini turut bertepuk tangan mengikuti ramainya hysteria penonton. Apalagi ketika terlihat gaya kaki-kaki penari bak adegan moon walk-nya Michael Jackson atau ketika topeng mulai dipasang.
Shuffle memang tarian yang mengutamakan gerakan kaki yang menghentak-hentak. Kadang menarik kaki ke kanan, kiri, depan dan belakang dengan posisi badan yang masih bergerak mengikuti irama lagu. Gerakan dasar shuffle adalah tumit dan kaki yang bergerak cepat sehingga terlihat seakan menempel ke lantai, ditarik ke sana ke mari dengan lincah. Kini shuffle tidak lagi milik orang yang suka clubbing, namun menjadi kesukaan anak-anak muda meskipun mereka belum pernah mengunjungi club.
Anak-anak sekolah, mayoritas levelan SMA, melakukannya di sekolah, taman, atau jalanan. Karena gerakan kaki dilakukan serempak maka shuffle jadi memiliki daya tarik tersendiri. Shuffle merupakan jenis tarian yang bertumpu pada kaki, konon lima menit shuffle sama dengan 30 menit treadmill. Mungkin mengukur perkiraan energy yang dikeluarkan yang kurang lebih sebanding.
Apakah shuffle sama dengan breakdance ? Sepenglihatan saya, shuffle tidak sama dengan breakdance. Kalau breakdancer menari, maka unsure gayanya juga tampak. Mereka sangat “menunjukkan “ sesuatu. Makanya, ada jungkir balik segala. Kepala berputar-putar di bawah atau lengan berputar menyangga badan. Di shuffle, terlihat lebih aman. Para penari terlihat enjoy dengan gerakan-gerakan kakinya mengikuti alunan lagu. Tangannya dibiarkan saja tergerai bebas tanpa gerakan rumit. Di shuffle tidak terlalu memberikan pertunjukan bodi seheboh breakdance.
Uniknya lagi, shuffle ini bergaya bebas-bebas saja, makanya kadang-kadang para shuffler (panggilan pada pecinta shuffle) bertukar gaya dan saling memberikan masukan. Menggabung-gabungkan gaya kaki dari grup satu ke grup lain. Kebayang ga?
Walaupun jadi terkesan sulit, namun namanya juga sedang in, shuffle semakin diminati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar