Jumat, 13 Juli 2012

Fotografi Abstrak

oleh; M Malik Muqtadir
Hasil cropping dari foto aslinya
Foto : backdrops.co.uk
Fotografi abstrak dan seni abstrak selalu menjadi bagian yang tak pernah terlewatkan dalam sebuah pagelaran seni atau pameran seni.

Melihat pentingnya seni abstrak, setiap tahun ribuan mahasiswa seni dan fotografer mengikuti pendidikan atau kursus demi menuangkan ide-ide dalam interpretasi seni mereka sendiri.

Seperti namanya 'abstrak', ini menandakan apa yang diinterpretasikan sulit dimengerti, bentuk seni ini berkali-kali diperdebatkan kerena menjadi rumit dan sulit dimengerti. Namun seni abstrak telah melahirkan banyak kritikus seni, kolektor seni, dan seniman-seniman di berbagai belahan dunia. 

Meskipun tidak menggunakan media kuas dan cat, fotografi abstrak juga semakin populer di kalangan fotografer dunia. Tidak ada aturan dan norma khusus untuk menciptakan fotografi abstrak, segalanya mengalir mengikuti interpretasi seni masing-masing fotografer. 


Membuat fotografi abstrak sebenarnya adalah hak prerogatif seorang seniman dan setiap orang yang memiliki pemikiran ilmiah, untuk membuat fotografi abstrak dibutuhkan 'jiwa seni' dan untuk memotretnya dibutuhkan 'pemahaman teknik fotografi', dengan menggabungkan keduanya, maka imajinasi untuk berkreasi tidak akan mengenal batas.

Untuk membuat fotografi abstrak perhatikan beberapa aspek berikut ini:
  • Pemahaman yang baik prinsip fotografi konvensional, tentang shutter speed, aperture, fokus, kecepatan film dan efek pencahayaan.
  • Untuk membuat fotografi abstrak dengan hasil yang baik, gunakanlah kamera profesional, karena terkadang kita membutuhkan kamera dengan kecepatan khusus. 
  • Lensa tele, lensa close up, flash, dan peralatan pendukung lainnya terkadang sangat membantu konsep fotografi abstrak yang akan kita buat.
  • Gunakanlah teknik warna dan BW (Hitam Putih), berbagai ISO dan shutter speed, tripod stands, remote shooting, filter lenses, shadow hoods, dan lainnya.
  • Jika Anda ingin berkreasi seni dengan membuat fotografi Abstrak, silahkan pelajari berbagai teknik fotografi abstrak dari fotografer-fotografer ternama seperti Czech Josef Sudek dan Jaromir Funk, Laszlo Moholy-Nagy, Ernie Yang, Latvian Wilhelm Mikhailovsky, Henri Bresson, dan Ansel Adams.
Seni itu tidak berbatas, so jangan pernah berhenti berkreasi. Terus berkarya dan selamat memotret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar