Jumat, 13 Juli 2012

Sejarah Kamera Obscura

Foto : hockart.net
  Kamera obscura adalah awal dari sejarah perkembangan kamera dalam dunia fotografi.

"Camera Obscura" merupakan bahasa latin untuk "ruang gelap", karena kamera ini mengacu pada sebuah kotak dimana cahaya dari objek masuk melalui lubang kecil atau lensa untuk menghasilkan gambar pada pelat atau film yang terdapat di dalamnya.

Tulisan yang membahas tentang model pertama kamera obscura telah ada sejak abad ke-10, namun Johannes Kepler, seorang astronom Jerman, adalah orang pertama yang mencetak karya dengan menggunakan "kamera obscura" dalam Iklan karyanya Vitellionem Paralipomena (1604).  

Model awal kamera obscura berukuran besar, bahkan ukurannya hampir sebesar ruangan. Selama bertahun-tahun, model kamera ini mengalami perubahan hingga menjadi sebuah kamera portabel, dan akhirnya menjadi prototipe untuk kamera modern.

Orang yang membuat kamera obscura portabel pertama adalah Robert Boyle dan Robert Hook. Model-model awal kamera yang telah mengalami perkembangan ini digunakan oleh seniman yang ingin mendokumentasikan perjalanan mereka.

Kemudian Louis Daguerre dan William Fox Talbot membuat model kamera portabel berikutnya.  Bentuk yang paling umum dari kamera obscura adalah kamera kecil, kecil portabel, kamera tua, dan kamera dengan versi lebih besar yang masih tersimpan sejak abad ke-21 di museum-museum seperti di kota San Francisco (Amerika), Edinburgh (Skotlandia) dan Cadiz (Spanyol).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar