Kamis, 09 Agustus 2012

3 Penghuni Stasiun Luar Angkasa Internasional pulang ke Bumi

Oleg Kononenko (Rusia), Donald Pettit (Amerika Serikat), dan Andre Kuipers (Belanda), langsung dijemput oleh tim pendukung dan medis.

nasa,luar angkasa,astronotomster-com/stck.xchng
Tiga astronaut dari tiga negara berbeda berhasil kembali ke Bumi dengan selamat setelah bertugas selama enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Minggu (1/7). Menggunakan pesawat kapsul Soyuz TMA-03M, mereka mendarat di wilayah terpencil di dekat kota Zhezkazgan, Kazakhstan.
Oleg Kononenko (Rusia), Donald Pettit (Amerika Serikat), dan Andre Kuipers (Belanda), langsung dijemput oleh tim pendukung dan medis. Kononenko jadi orang pertama yang keluar dari kapsul. Meski terlihat lelah dan pucat, tim medis menyatakan Komandan Ekspedisi 31 itu dalam kondisi sehat.
Pettit, astronaut dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menjadi orang berikutnya. "Senang bisa kembali pulang," katanya.
Perjalanan ketiganya dari ISS menuju ke Bumi memakan waktu 3,5 jam. Kapsul Soyuz TMA-03M yang mereka tumpangi melepaskan diri dari ISS dan perlahan menuju Bumi. Kapsul ini mendarat sempurna dalam cuaca yang digambarkan cerah pada pukul 08:17 GMT. 

"Saya hanya berharap agar usaha saya di sini (ISS) akan menambah satu butir pasir di pantai ilmu pengetahuan. Akan juga membantu masyarakat di masa depan agar bisa memanggil luar angkasa sebagai "rumah" mereka," tulis Pettit dalam blognya, malam sebelum kepulangan ke Bumi.

Ketiga astronaut ini merupakan awak dari Ekspedisi 30 dan 31. Salah satu misi yang mereka emban adalah mengatasi kedatangan kapsul SpaceX Dragon yang dimiliki swasta. Itu merupakan kedatangan pertama dari pihak non pemerintah ke ISS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar