Kamis, 09 Agustus 2012

Sarah si Cheetah Hewan Tercepat di Dunia

Kecepatan Sarah membuat juara dunia asal Jamaika, Usain Bolt, kalah telak. Akselerasi Sarah bahkan bisa menandingi mobil Lamborghini.

cheetah,kucing besar,karnivoraSarah si cheetah. Catatan waktunya mengagumkan dengan 5,95 detik untuk jarak 100 meter. (Ken Geiger/National Geographic)
Sarah, cheetah betina penghuni Kebun Binatang Cincinnati, Amerika Serikat, berhasil mencatatkan diri sebagai makhluk hidup tercepat di jagat. Dia menorehkan waktu 5,95 detik untuk jarak tempuh 100 meter, sekaligus memecahkan rekor dunia. Kecepatan yang ditempuhnya? 98 kilometer per jam!
Demikian pengumuman resmi yang dinyatakan pihak kebun binatang dan National Geographic Magazine, Kamis (2/8). Hasil ini membuat pelari tercepat di dunia asal Jamaika, Usain Bolt, kalah telak. Bolt, lima kali juara dunia dan pemegang tiga medali emas Olimpiade, hanya mencatatkan waktu 9,58 detik di lintasan 100 meter. Akselerasi Sarah bahkan bisa menandingi mobil sport buatan Italia, Lamborghini.
Catatan waktu Sarah diambil 20 Juni lalu untuk tampil sebagai salah satu feature di majalah National Geographic edisi November. Sarah, dan empat cheetah lainnya, dibiarkan berlari sprint secepat mungkin.
Bagi para cheetah (Acinonyx jubatu), tes ini nampak seperti permainan. Karena mereka diharuskan mengejar boneka anjing yang berada di belakang mobil van. "Tak ada yang bisa berlari seperti Sarah. Dia itu istimewa, saya selalu yakin jika dia bisa berlari di bawah waktu enam detik," kata Duta Besar Program Kucing Kebun Binatang Cincinnati Cathryn Hilker.
Ditambahkan editor photo National Geographic, Kim Hubbard, Sarah terlihat seperti misil berpola polkadot. "Saya tidak pernah melihat sesuatu yang hidup, lari begitu cepat."
Demo kecepatan cheetah ini dinilai baik untuk perkembangannya. Selain itu, kehadiran cheetah super cepat juga membantu pengumpulan dana untuk konservasi.
Tapi ditekankan Hilker jika cheetah juga makhluk hidup, individual. Mereka punya mood, sama seperti manusia."Dan seperti manusia, beberapa dari mereka adalah atlet yang lebih baik dibanding lainnya."
Lebih mengagumkan lagi, catatan waktu Sarah bisa terkalahkan oleh cheetah di alam bebas. Sebab, cheetah di alam liar harus berburu agar tidak kelaparan dan menjaga kelangsungan hidup bayi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar