Selasa, 07 Agustus 2012

Mencegah Timbulnya Kebakaran di Rumah





Baju putih berubah warna menjadi hijau? Banyak tissue menempel di pakaian? Dua hal tersebut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mencuci. Berikut 7 Tips Mencegah Timbulnya Kebakaran di Rumah, yaitu :

1. Pakaian Jadi Mengecil
Jangan memakai air yang terlalu panas atau meninggalkan sweater kesayangan di mesin pengering terlalu lama. Melakukan salah satu dari dua hal tersebut bisa membuat sweater mengecil. Jika hal itu terjadi, ada cara untuk memperbaikinya. Masukkan tiga sendok kondisioner rambut ke dalam air dengan suhu kamar. Rendam sweater selama kurang lebih lima menit, sebelum menariknya dengan pelan-pelan dan membentuknya ke ukuran semula. Untuk mengeringkannya, taruh di atas handuk.

2. Menaruh Baju di Mesin Pengering Terlalu Lama
Hal kedua ini biasa terjadi saat mencuci. Jika hal ini Anda lakukan, baju akan menjadi terlalu kusut. Untuk memperbaikinya, masukkan kembali baju tersebut bersamaan dengan handuk yang basah.

3. Lupa Membaca Petunjuk
Jangan pernah lupa untuk membaca petunjuk baju yang akan dicuci. Di setiap pakaian, biasanya ada bagaimana harus mencuci baju tersebut. Misalnya apakah boleh dengan air panas atau harus dengan air dingin, boleh dikeringkan atau tidak, dan lain-lain. Jika petunjuk itu dilupakan, pakaian yang Anda cuci bisa kusut, warnanya memudar atau kerusakan lainnya.

4. Memakai Terlalu Banyak Sabun Cuci
Tidak sedikit orang yang menuangkan banyak sekali detergent atau sabun cuci ke mesin cuci mereka. Tindakan tersebut bisa menyebabkan pakaian cepat kusam dan mesin cuci rusak. Sebelum mencuci, baca petunjuk yang ada di detergent sebelum memasukkannya ke mesin cuci.

5. Lupa Menyortir Pakaian Sebelum Mencuci
Kesalahan ini sering mengakibatkan pakaian putih menjadi berwarna karena terkena pakaian warna yang luntur. Sebaiknya, pisahkan cucian Anda sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Sortir menjadi tiga bagian, pakaian berwarna, gelap dan putih.

6. Lupa Mengosongkan Kantong dan Menutup Resleting
Selalu periksa kantong pakaian atau celana yang akan dicuci. Anda tentu tidak mau misalnya saja dompet dan isinya ikut tercuci. Hal yang seringkali terjadi gara-gara lupa mengosongkan kantong adalah tissue yang ikut tercuci sehingga menyebabkan tissue menempel di pakaian setelah kering. Menutup resleting juga tidak kalah penting agar pakaian tidak sobek.

7. Mesin Cuci Terlalu Penuh
Terkadang karena ingin cepat selesai, Anda memaksakan mencuci semua pakaian padahal mesin cuci sudah terlalu penuh. Stop melakukan hal ini karena hasil cucian menjadi tidak maksimal. Baju yang dicuci dengan mesin cuci 'overload' malah menjadi tidak bersih dan mesi cuci pun bisa cepat rusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar