Minggu, 05 Agustus 2012

Ternyata, perempuan lebih jago parkir ketimbang pria


 Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan, biarpun pria lebih pede ketika berkendara dan lebih cepat ketika memarkir kendaraannya, wanita ternyata dapat memarkir kendaraannya lebih pas di tengah area parkir. Secara umum, kaum hawa juga lebih jago memarkir kendaraan ketimbang pria.
Ini merupakan hasil eksperimen yang dilakukan Neil Beeson, seorang instruktur berkendara di Inggris. Dalam eksperimen itu, dia memantau perilaku kaum pria dan wanita ketika memarkir kendaraan mereka.
Riset yang melibatkan sekitar 2.500 pengemudi di 700 lahan parkir ini disebut-sebut sebagai salah satu riset paling komprehensif tentang pengaruh gender dalam berkendara.
Dari hasil riset, ditemukan bahwa wanita lebih jago menemukan tempat parkir ketimbang pria. Ini karena pria biasanya berkendara terlalu cepat sehingga melewati tempat parkir yang kosong.
Pengendara wanita juga lebih akurat dalam menempatkan posisi kendaraan sebelum memarkir kendaraannya. Mereka pun cenderung memarkir mundur kendaraannya, seperti yang disarankan para instruktur mengemudi di Inggris.
Ketika memarkir mundur kendaraan, wanita ternyata juga lebih lihai melakukannya ketimbang pria.
Hasil riset juga mengungkapkan bahwa kaum pria lebih suka memarkir langsung kendaraannya, bukan dengan parkir mundur. Mereka lebih terampil dalam hal ini daripada wanita. Hanya sedikit pria yang membetulkan posisi kendaraannya jika memarkir kendaraan dengan cara ini.
Berdasarkan skor yang diperoleh dari tujuh komponen penelitian, skor untuk wanita rata-rata mencapai 13,4 dari nilai tertinggi 20 poin. Sementara pria hanya 12,3 poin.
Beeson mengatakan pada harian Telegraph, hasil riset ini bisa pula berarti wanita menyerap informasi lebih baik dari pria. “Hasil ini agaknya juga memupuskan mitos bahwa pria memiliki kemampuan spasial yang lebih baik daripada wanita.”
Sementara laman Time memperkirakan skor wanita akan lebih tinggi lagi jika komp0nen “menanyakan arah” ditambahkan ke dalam penelitian itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar