Selasa, 31 Juli 2012

Awas, hari ulang tahun buat orang cepat mati!

Awas, hari ulang tahun buat orang cepat mati!

Baru-baru ini penelitian yang dilakukan pada sekitar dua juta orang menunjukkan bahwa risiko kematian seseorang meningkat sekitar 14% pada hari ulang tahun mereka.
Para peneliti menyalahkan depresi dan stres yang dialami seseorang saat mendekati hari ulang tahunnya. Beberapa penyebab kematian pada hari ulang tahun antara lain adalah kanker, stroke, kecelakaan, dan bunuh diri.
"Kami menyimpulkan bahwa kematian yang terjadi saat hari ulang tahun terjadi lebih sering dari yang kami duga," kata Dr Vladeta Ajdacic-Gross, ketua penelitian, pada Independent.
Peneliti mengamati 2,4 juta kematian selama 40 tahun. Hasilnya, terdapat sekitar 13,8% lebih banyak kematian pada hari ulang tahun dibandingkan dengan hari lainnya dalam setahun.
Risiko ini meningkat bersamaan dengan bertambahnya usia, dengan tingkat risiko sebesar 18% pada orang berusia di atas 60 tahun. Hasil dari pemeriksaan penyakit individu menunjukkan bahwa terdapat 18,6% peningkatan risiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan peningkatan hingga 21,5% untuk kematian yang diakibatkan oleh stroke.
Selain itu juga terdapat peningkatan 10,8% pada kematian yang diakibatkan oleh kanker. Di antara relawan berjenis kelamin pria, terdapat 34,9% kemungkinan kematian karena bunuh diri dan 28,5% peningkatan pada kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan.
Tak hanya itu, diketahui juga bahwa terdapat 44% peningkatan risiko kecelakaan fatal pada hari ulang tahun, dengan peningkatan risiko sekitar empat hari sebelum hari ulang tahun.
Mengapa hal ini bisa terjadi? Ada dua teori yang dikemukakan oleh peneliti. Yang pertama adalah teori penundaan, di mana seseorang menahan rasa sakit yang mereka rasakan hingga tiba hari ulang tahun mereka.
Sayangnya, teori ini tidak cukup memiliki bukti. Penelitian ini membuktikan teori kedua, di mana event ulang tahun itu sendiri yang merupakan pemicu kematian.
Seperti dilaporkan oleh Times of India, dalam kasus penyakit jantung dan stroke, maka penyebabnya bisa jadi adalah stres. Orang yang sudah tua merasakan peningkatan stres menjelang hari ulang tahun mereka. Teori ini didukung oleh data rumah sakit yang menunjukkan bahwa masalah jantung terjadi lebih sering saat orang akan mendekati waktu ulang tahunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar