Minggu, 29 Juli 2012

Yoghurt, Solusi untuk Napas Tak Sedap


Shutter Stock

KOMPAS.com - Banyak sumber yang menyatakan berbagai penyebab bau napas tak sedap. Dua sebab yang paling umum adalah faktor kesehatan mulut dan perut. Nah, tahukah Anda jika yoghurt bisa mereduksi bau napas tidak sedap tersebut?
Yoghurt pada lazimnya mengandung probiotik. Ia diyakini dapat menetralkan bau napas tidak sedap. Menurut Robert Meltzer, MD, dokter spesialis pencernaan yang berbasis di Lenox Hill Hospital, New York City, "Yoghurt memang tidak berefek apa pun pada bakteri di lidah. Tapi, yoghurt ternyata memiliki efek menetralkan asam yang ada di antara mulut dan perut, termasuk di tenggorokan belakang dan kerongkongan."
Sementara, menurut dokter gigi asal Ohio, Matthew Messina, DDS, "Yoghurt memang mampu menghilangkan bau mulut yang dihasilkan dari kondisi gastrologi, seperti asam refluks. Tapi, yoghurt tidak akan berefek nyata pada napas tidak sedap yang disebabkan oleh kerusakan hati atau penyakit paru-paru."
Meski demikian, tidak ada salahnya mulai sekarang, mencoba mengonsumsi yoghurt secara berkala. Tubuh bisa jadi lebih sehat, dan napas juga lebih segar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar