Selasa, 31 Juli 2012

Hirup Freon AC, tren berbahaya remaja saat ini

Hirup Freon AC, tren berbahaya remaja saat ini

Setelah menggunakan tampon yang diberi vodka, dan hand sanitizer untuk mabuk. Kali ini para remaja Amerika mencoba cara lain yang lebih bisa dijangkau, yaitu dengan menghirup Freon pendingin ruangan (AC).
"Freon AC bisa jadi sangat mematikan," kata teknisi AC Lynn Morric dari Morris Mechanical pada WCNC di Charlotte, NC.
Morris mengatakan saat ini banyak teknisi yang membetulkan pendingin ruangan tanpa tahu penyebab masalah pada pendingin ruangan tersebut.
"Pegawai kami banyak yang menemukan pendingin ruangan yang kekurangan Freon, namun tak bisa menemukan kebocoran di mana pun," kata Morris, seperti dilansir oleh NY Daily News.
Perusahaannya menemukan banyak gas Freon yang menghilang tanpa adanya kebocoran pada alat pendingin ruangan. Menurut perkiraan Morris, ini bisa jadi karena ada seseorang yang membuka alat tersebut untuk mencuri Freon untuk dihirup dan digunakan untuk mabuk.
Menghirup Freon bisa menimbulkan sensasi yang sama dengan yang dirasakan saat minum alkohol. Namun melakukannya juga bisa membekukan paru-paru dan menyebabkan kerusakan pada otak.
Morris mengingatkan bahwa menghirup Freon juga bisa berakibat fatal. Misalkan kasus yang terjadi pada seorang remaja di Oklahoma yang meninggal November lalu.
"Dia masih ada di taman, dekat dengan alat pendingin ruangan," kata Morris. "Jadi ini adalah hal yang hanya bisa dilakukan satu kali. Kau melakukannya dan itu bisa membunuhmu."
Seorang remaja berusia 18 tahun di California, Jacob Henry, juga meninggal setelah menghirup Freon.
"Menghirup Freon seperti permainan Russian Roulette," kata ibunya pada Los Angeles KABC. "Jangan melakukannya, karena mabuk yang kalian rasakan tidak sebanding dengan kematian yang diakibatkan."
Berdasarkan laporan KABC, dua orang remaja telah meninggal karena menghirup Freon pada tahun 2009 lalu, dan 2.000 lainnya harus dirawat di rumah sakit karena melakukan hal yang sama. Berdasarkan American Association of Poison Control Centers, di tahun 2010, sekitar 7.000 orang yang menghirup Freon,. Sembilan orang di antaranya meninggal dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar